5 Tanaman Untuk Menyembuhkan Penyakit Kulit

5 Tanaman Untuk Menyembuhkan Penyakit Kulit

Tidak bisa dipungkiri jika masalah kulit seringkali terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, terjadinya gangguan kesehatan pada kulit dipengaruhi oleh jamur yang timbul karena kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan kulit seperti malas mandi, membiarkan keringat dan sebum menempel di kulit terlalu lama, atau karena paparan sinar UV yang berlebihan.

Masalahnya, penyakit kulit ini sangat cepat penyebarannya dan sangat mengganggu penampilan sehingga akan membuat banyak orang menjadi kehilangan kepercayaan diri saat bertemu orang lain. Penyakit kulit memiliki berbagai macam jenis dan berikut merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang umum terjadi di Indonesia :

  • Kudis

Kudis merupakan penyakit yang memiliki ciri-ciri timbulnya benjolan kecil atau lubang pori-pori yang membesar pada kulit dan disekitarnya akan ada efek peradangan berupa warna kemerahan. Kudis ini disebabkan oleh jamur Sarcoptes scabiei dan akan menimbulkan rasa perih dan nyeri jika terpapar sinar UV. Anda tidak diperbolehkan memegang kudis yang menghiasi kulit, karena cairan didalamnya akan pecah dan menyebar ke area sekitarnya. Penyakit ini dapat terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan barang-barang pribadi seperti sprei, bantal, handuk, atau malas mencuci tangan.

Panu merupakan penyakit kulit yang memiliki ciri khas timbulnya bercak putih pada kulit. Biasanya, panu disebabkan oleh infeksi jamur dan penyakit kulit ini tidak membahayakan. Walaupun begitu, tentu saja timbulnya panu pada kulit akan mempengaruhi rasa percaya diri Anda. Panu ini merupakan penyakit yang timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan kulit atau justru karena Anda langsung mandi saat tubuh dalam kondisi berkeringat.

  • Kadas atau Kurap

Penyakit yang disebabkan oleh jamur Trichophyton atau Epidermophyton ini memiliki ciri-ciri khusus berupa efek kemerahan yang berupa cincin lingkaran pada kulit dan disertai dengan rasa gatal. Nah, jika Anda terus menggaruk kulit akibat rasa gatal tersebut, maka kurap ini akan semakin menginfeksi area kulit disekitarnya, sehingga penyakit ini justru akan bertambah parah. Penyakit kulit ini dapat timbul karena kurangnya Anda dalam menjaga kebersihan kulit.

  • Kutu Air

Penyakit kulit satu ini biasanya akan menyerang sela-sela kaki Anda dan disebabkan oleh jamur Epidermophyton floccosum. Ciri-ciri paling terlihat dari penyakit kutu air adalah kulit terlihat mengelupas, bersisik, retak-retak, dan disertai gatal-gatal serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Biasanya, penyakit ini dapat terjadi karena Anda membiarkan kaki terlalu lama berada di dalam sepatu atau kaos kaki yang lembab, terlalu banyak kontak dengan air, atau kaki Anda memiliki alergi terhadap bahan kimia dalam detergen.

Jenis Tanaman Untuk Penyakit Kulit

Setelah mengetahui berbagai jenis penyakit kulit yang umum ditemui di kalangan masyarakat, tentu Anda ingin mengetahui berbagai metode pengobatan dan pencegahan dari berbagai penyakit kulit tersebut bukan? Mengingat penyakit-penyakit kulit diatas mampu menyebar dengan cepat di kulit dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, maka diperlukan penanganan sedari dini untuk menghilangkannya dengan cepat. Cara menghilangkan penyakit kulit dengan cepat adalah dengan menggunakan berbagai jenis tanaman obat penyakit kulit seperti berikut ini.

  • Lengkuas

Tanaman umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit yang telah disebutkan diatas, karena:

  1. Lengkuas memiliki senyawa flavonoid yang akan berperan sebagai antioksidan dan juga akan berperan untuk mematikan zat-zat asing dalam tubuh, termasuk jamur penyebab penyakit kulit.
  2. Lengkuas memiliki senyawa galangin dan karioferida yang berperan sebagai agen anti-inflammasi, sehingga akan menyembuhkan peradangan pada berbagai macam masalah kulit.

Menggunakan lengkuas untuk mengatasi penyakit kulit sangat mudah. Anda tinggal menumbuk halus lengkuas, kemudian dicampurkan dengan sedikit air. Selanjutnya, oleskan lengkuas yang sudah halus ke area kulit yang memiliki masalah penyakit kulit dan diamkan selama 30 menit, lalu Anda bilas kulit Anda dengan air bersih.

  • Tembakau

Anda pasti sudah mengetahui jika tanaman satu ini merupakan salah satu bahan utama dalam proses pembuatan rokok. Ternyata, bagian daun dari tanaman tembakau akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit, karena:

  1. Daun tembakau bermanfaat untuk memicu produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini merupakan protein bagi kulit sehingga akan mempercepat penyembuhan berbagai macam masalah kulit.
  2. Daun tembakau memiliki senyawa polifenol dan flavonoid, dimana keduanya merupakan antioksidan alami dan zat anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan pada berbagai macam masalah kulit.

Untuk menggunakan tembakau sebagai obat herbal penyembuh penyakit kulit, Anda tinggal menyiapkan 4-5 helai daun tembakau yang mudah dirajang, kemudian tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu, segera tempelkan daun tembakau yang sudah basah tersebut ke area kulit yang terkena penyakit kadas, kurap, panu, kudis, atau kutu air.

  • Jintan

Tanaman yang biasa disebut jintan atau jinten ini merupakan salah satu tanaman liar yang memiliki ciri khusus berupa bunganya yang memiliki petal berawarna putih dan juga putiknya yang berwarna kuning. Nah, tanaman ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, karena:

  1. Daun jintan memiliki senyawa zat fitosterin-B yang memiliki sifat anti-inflammasi dan antiseptik alami, sehingga dapat menyembuhkan peradangan pada kulit akibat jamur.
  2. Daun jintan memiliki antioksidan yang luar biasa pada senyawa quercetin dan asam klorogenat-nya, sehingga dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas dan menyembuhkan penyakit kulit secara cepat.

Cara menggunakan daun jintan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit juga sangat mudah. Cukup sediakan 5 lembar daun jintan, kemudian tumbuk halus dan campurkan dengan air yang sudah matang. Setelah itu, oleskan tumbukan daun jintan ke area kulit yang memiliki kadas, kurap, panu, atau kutu air.

  • Biduri

Biduri atau yang bisa disebut juga dengan widuri merupakan tanaman perdu tegak dimana ciri khas utamanya terletak pada bagian bunganya yang memiliki lapisan lilin dan berwarna putih keungu-unguan. Tanaman ini, terutama bagian daunnya, sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit, karena:

  1. Daun biduri mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol, dimana semuanya merupakan antioksidan yang luar biasa untuk menyembuhkan peradangan pada kulit akibat jamur.
  2. Daun biduri juga mengandung tanin. Senyawa ini telah dikenal dapat bermanfaat sebagai antidotum atau penawar racun, sehingga akan menyembuhkan berbagai penyakit kulit baik karena jamur maupun alergi.

Menggunakan daun biduri untuk mengatasi berbagai masalah kulit cukup mudah, dimana Anda cukup mengambil daun biduri sebanyak 1 genggaman tangan, kemudian cuci bersih dengan air bersih. Setelah itu, segera tumbuk daun biduri sampai halus dan campurkan dengan sedikit air. Agar lebih mujarab, Anda bisa menambahkannya dengan beberapa tetes kapur sirih. Kemudian, oleskan daun biduri ke area kulit yang terkontaminasi penyakit.

  • Lidah Buaya

Tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias ini merupakan tanaman yang sudah terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh. Lidah buaya ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, karena:

  1. Lidah buaya mengandung gliko-protein yang akan berperan sebagai zat anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan akibat bakteri maupun jamur di kulit.
  2. Lidah buaya memiliki kandungan hormon giberelin dan polisakarida yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri maupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit secara seketika.

Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi berbagai penyakit kulit sangatlah simpel. Siapkan tanaman lidah buaya, kemudian potong bagian ujungnya hingga Anda menemukan adanya gel di dalam tanaman tersebut. Nah, oleskan gel tersebut pada area kulit yang ditumbuhi kudis, kurap, panu, atau kutu air.

  • Bawang Putih

Tanaman yang berkembang biak secara vegetatif dengan umbi lapis ini sudah sangat dikenal masyarakat luas. Bawang putih memang biasanya sangat bermanfaat sebagai bumbu dapur yang akan melezatkan masakan. Namun, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk berbagai penyakit kulit, karena:

  1. Bawang putih memiliki senyawa sulfur yang bernama thiacremonon dan juga allicin. Senyawa tersebut akan berperan sebagai anti-inflammasi yang akan menyembuhkan berbagai peradangan pada berbagai penyakit kulit.
  2. Bawang putih memiliki sifat yang komplit, mulai dari anti-bakteri, anti-jamur, anti-mikroba, dan antiseptik alami yang akan membunuh berbagai penyebab penyakit kulit seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi berbagai penyakit kulit sangat mudah. Cukup siapkan 4-6 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang putih tersebut dan campurkan dengan sedikit air matang. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan bawang putih tersebut ke area kulit yang terkena kadas, kurap, panu, kutu air, dan lain-lain.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mengobati berbagai penyakit kulit? Cukup dengan menggunakan berbagai tanaman obat penyakit kulit diatas, maka berbagai penyakit kulit akan cepat menghilang dari kulit Anda. Selain itu, menggunakan tanaman obat penyakit kulit diatas sangat aman untuk kulit dan tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan diri agar tidak mengalami berbagai penyakit kulit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *