Mengenal Alat Sterilisasi di Rumah Sakit Dan Fungsinya

Bicara tentang alat sterilisasi di rumah sakit ada banyak sekali macam nya, namun secara umum ada tiga jenis. Autoclave, Lampu UV Sterilisasi dan Disinfectan. Proses sterilisasi di rumah sakit dilakukan terhadap alat – alat kesehatan dan ruangan tertentu di rumah sakit. Kali ini kita akan membahas mengenai alat sterilisasi di rumah sakit beserta penjelasannya.

alat-sterilisasi-di-rumah-sakit

Sebelumnya sudahkah anda memahami apa definisi sterilisasi ? Sterilisasi berasal dari kata steril yang bermakna bebas dari kuman. Sterilisasi dapat kita artikan sebagai proses menghilangkan atau membunuh mikro organisme yang menempel pada satu benda atau berada di udara dalam satu ruangan dengan cara fisik atau kimiawi.

Di rumah sakit, banyak sekali alat – alat kesehatan yang dipakai untuk tindakan operasi atau pemeriksaan pasien secara bergantian seperti thermometer, tongue spatel dan lain sebagainya. Hal ini sangat berresiko penularan penyakit dari orang yang satu ke yang lainnya. Oleh karena itu, salah satu prosedur wajib yang harus dilakukan di rumah sakit adalah sterilisasi alat – alat kesehatan.

Proses sterilisasi alat medis di rumah sakit tidak lepas dari peran alat sterilisasi atau sterilisator. Ada beberapa macam alat sterilisator yang biasa dipakai di rumah sakit khususnya untuk sterilisasi alat – alat kesehatan.

1# – Autoclave

Autoclave adalah salah satu alat sterilisasi medis yang paling dikenal. Bahkan alat sterilisasi diidentikkan dengan nama autoclave. Autoclave adalah alat sterilisasi yang bekerja dengan sistem panas uap dalam tekanan tinggi. Berbentuk seperti panci presto yang dilengkapi dengan sarangan dan elemen pemanas di bagian dalamnya. Dengan suhu tinggi yang berasal dari pemanas yang kemudian menghasilkan uap sangat efektif membunuh bibit penyakit hingga ke spora nya. Alat ini juga sangat mudah ditemukan di toko alat kesehatan yang jual autoclave dengan berbagai ukuran volume.

2# – Sterilisator Kering

Banyak juga yang mengistilahkan alat ini dengan nama autoclave. Padahal yang benar adalah Dry Heat Sterilisator atau dalam bahasa kita Sterilisator Kering. Alat ini sama fungsinya dengan autoclave yaitu untuk sterilisasi alat – alat kesehatan namun metode pemanasannya berbeda. Alat sterilisasi ini bekerja dengan menggunakan panas kering yang dihasilkan dari elemen pemanas brupa pemancar infra energi infra merah dan atau ozon. Di toko alat kesehatan, sterilisator jenis ini dikenal dengan istilah lemari sterilisasi. Terdiri dari dua jenis, satu pintu dan dua pintu. Harga sterilisator kering 1 pintu lebih murah dibandingkan dengan harga sterilisator dengan dua pintu.

3# – Lampu UV Sterilisasi Ruangan

Satu lagi jenis alat sterilisasi yang digunakan di rumah sakit yaitu lampu UV Sterilizer. Alat sterilisasi ini digunakan untuk mensterilkan ruangan meskipun banyak juga yang menggunakan lampu uv untuk mensterilkan benda seperti wadah makanan dan sejenisnya.

Proses sterilisasi yang dilakukan dengan menggunakan alat – alat tersebut diatas adalah metode sterilisasi secara fisik sedangkan dengan kimia dilakukan dengan menggunakan cairan kimia seperti disinfectan dan sejenisnya.

Demikian saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi singkat tentang alat sterilisasi di rumah sakit ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih atas kunjunganya di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *