Beberapa Penyebab dab Metode Penanganan Penyakit Bayi Kuning

penanganan penyakit bayi kuning

Penyakit bayi kuning adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena terjadinya penimbunan zat bilirubin di dalam darah bayi. Warna kuning yang muncul pada tubuh bayi sebenarnya adalah hal normal apabila terjadi hanya 2 hari pasca kelahiran. Namun jika lebih dari itu maka tergolong hal yang tidak normal sehingga perlu dilakukan pengobatan untuk menyembuhkannya. Beberapa faktor lain juga bisa menjadi penyebab dan berikut adalah beberapa faktor tersebut :

 

  1. Ada ketidakcocokan antara golongan darah ibu dan bayi

Adanya ketidakcocokan antara golongan darah ibu dengan bayi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bayi mengalami penyakit kuning. Misalnya ibu mempunyai golongan darah B namun si bayi golongan darahnya A.

 

  1. Organ hati yang belum sempurna

Organ hati yang belum berfungsi secara sempurna akan menyebabkan terganggunya proses penguraian bilirubin yang dilakukan hati. Sehingga akan terjadi kenaikan volume bilirubin dalam darah dan otomatis akan menimbulkan warna kuning di tubuh bayi. Organ hati yang belum sempurna biasanya terjadi pada bayi-bayi prematur.

 

  1. Kurangnya Enzim G6PD (glukosa 6 phospate dehidrogenase)

Enzim G6PD merupakan enzim yang berguna untuk menjaga sel darah merah dari suatu kerusakan. Ketika enzim ini mengalami kekurangan tentu bayi akan sangat beresiko terserang penyakit kuning. Jadi selama kehamilan sang ibu harus benar-benar menjaga asupan gizinya agar bayi dalam kandungannya selalu sehat dan tidak akan mengalami kekurangan enzim G6PD ketika sudah dilahirkan.

 

Untuk cara penanganan penyakit bayi kuning, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti lebih sering memberikan ASI, menjemur bayi pada sinar matahari pagi atau dengan melakukan terapi sinar.

 

  1. Lebih sering memberikan ASI

Dengan lebih sering memberikan ASI pada bayi akan sangat membantu dalam proses pembentukan sistem imun tubuh, dimana sistem imun ini nantinya akan bisa menjaga sel otak dari efek buruk kadar bilirubin yang terlalu tinggi.

 

  1. Menjemur bayi pada sinar matahari pagi

Warna kuning pada tubuh bayi juga bisa dihilangkan dengan vitamin D yang ada pada sinar matahari pagi, sehingga menjemur bayi di sinar matahari pagi akan sangat membantu penyembuhan penyakit bayi kuning. Penjemuran umumnya dilakukan antara jam 7 sampai jam 9 pagi.

 

  1. Terapi sinar

Dalam terapi sinar ini alat yang digunakan adalah berupa lampu fototerapi dengan sinar biru. Selama penyinaran bayi harus telanjang dan diletakan pada box atau inkubator. Namun walaupun telanjang mata dan alat vitalnya harus tetap ditutup. Jika anda membutuhkan lampu fototerapi untuk keperluan terapi sinar bisa membelinya di toko alat kesehatan yang khusus jual lampu fototerapi.

penanganan penyakit bayi kuning

Itu tadi adalah sedikit informasi mengenai beberapa penyebab dan cara penanganan penyakit bayi kuning. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda, terutama para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *